Jamboree on the Air – Jamboree on the Internet (JOTA-JOTI) 2025 akan digelar pada 17-19 Oktober 2025, sebuah event internasional yang akan menghubungkan Pramuka di seluruh dunia melalui radio amatir dan platform digital.
JOTA JOTI 2025 sendiri akan mengambil tagline “A World Shaped By Youth” yang menggarisbawahi peran generasi muda dalam membentuk masa depan melalui kolaborasi dan inovasi, sesuai dengan semangat Gerakan Kepanduan Dunia untuk menyongsong dan mewujudkan dunia yang lebih baik.
Dalam kesempatan yang sama, World Organization of the Scout Movement (WOSM) hari ini telah merilis panduan identitas visual resmi untuk kegiatan JOTA JOTI 2025 yang tersedia di brand.scout.org bersama dengan beberapa identitas visual lainnya yang akan digunakan pada beberapa event internasional ke depannya seperti World Scout Jamboree 2027, World Scout Moot 2025.
Terkait identitas visual baru tersebut, WOSM menjelaskan bahwa logo tersebut dirancang untuk mencerminkan konektivitas dan semangat kepramukaan global yang disalurkan melalui teknologi dan komunikasi yang dalam era modern ini menjadi salah satu aspek vital dalam kehidupan sehari-hari.
Lebih lanjut, WOSM juga menjelaskan beberapa makna filosofis lainnya yang diterapkan pada indentitas visual ini diantaranya:
- Huruf “J” yang dibuat berdasarkan elemen bentuk yang sudah dimiliki oleh World Scouting sejak lama, guna memberikan penekanan atas identitas Gerakan Kepanduan Dunia beserta visi-misi yang dibawa.
- Desain panah yang digunakan untuk menggambarkan gelombang radio dan internet, melambangkan kegiatan JOTA JOTI dimana jutaan Pramuka terhubung bersama melalui media tersebut selama 3 hari non-stop.
- Desain panah yang juga berbentuk ‘pesawat kertas’ yang merupakan sebuah simbol universal untuk mendeskripsikan kegiatan mengirim pesan, yang secara lebih luas menggambarkan keingintahuan, jangkauan, dan semangat eksplorasi yang mendefinisikan kegiatan JOTA-JOTI sejak lebih dari setengah abad yang lalu.
Selain makna filosofis dari logo tersebut, WOSM juga memberikan beberapa panduan terkait palet warna dan cara penggunaan logo dalam berbagai penggunaan mulai dari promosi di dunia maya hingga untuk keperluan tekstil.
Selain itu juga terdapat beberapa aturan penggunaan logo yang harus dipatuhi sebelum digunakan seperti larangan untuk memodifikasi logo yang sudah ada, reproduksi dan penjualan tanpa izin dan sebagainya.
Semua aset visual dan branding dari WOSM dapat dilihat dan didownload melalui link brand.scout.org dan tentunya setiap individu wajib untuk mematuhi ketentuan yang sudah ada dalam penggunaan aset visual tersebut.
___
Pewarta : Bambang Budi P
Editor : CST
9 Comments
emuenzanzu@gmail.com
Sangat cocok untuk memajukan generasi muda untuk lebih berguna ,disiplin
Desain panah yng juga bentukbagus
Bagus banget
Sangat bagus cocok untuk memajukan generasi muda untuk lebih berguna
Bugus sekali
Bagus banget jota joti
Jota joti sangat keren bagi generasi muda
jota joti keren